Perbedaan AC Low Watt Dan AC Inverter


Perbedaan AC Low Watt Dan AC Inverter – Sekarang ini teknologi AC sudah semakin canggih. AC yang beredar di pasaran pun sudah terbagi dalam berbagai macam jenis dan merk yang bisa dipilih sesuai keinginan.



Namun jenis AC yang paling umum adalah AC Low Watt dan AC Inverter. Kedua jenis AC ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mendinginkan ruangan. Meski demikian, keduanya memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing. Lalu sebenarnya apa perbedaan antara AC Low Watt dengan AC Inverter? Supaya lebih jelas mari simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga: Rekomendasi AC Kecil Untuk Kamar Kost Low Watt

Baca juga: Harga AC 1/2 PK Teknologi Inverter

Mengenal AC Low Watt

AC Low Watt merupakan sebuah AC yang membutuhkan daya listrik lebih kecil dibandingkan AC Inverter. Hal ini karena AC Low Watt akan mengurangi kerja kompressor atau menggunakan kompressor dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan menggunakan AC ini maka dijamin penggunaan listrik di rumah bisa lebih hemat.

Namun meski demikian, proses pendinginan AC Low Watt jauh lebih lambat karena memang beban kerja kompressornya yang tidak sama. Namun untuk masalah harga lebih terjangkau daripada AC Inverter.

Disamping itu, AC Low Watt tidak disarankan untuk penggunaan secara terus menerus. Anda bisa mengaktifkan fitur timer sehingga ketika suhu sudah dingin dan Anda nyaman dengan suhu tersebut maka AC bisa mati secara otomatis.



Kelebihan AC Low Watt

  • Harga Unit Tidak Semahal AC Inverter.
  • Lebih Cocok Jika pemakaiannya jangka pendek.
  • Lebih Cocok Jika sering mati nyalakan AC.

Kekurangan AC Low Watt

  • Suara Outdoor AC lebih berisik karena putaran kipas lebih kencang.
  • Pendinginan yang lama tidak secepat AC Inverter.

Baca juga: Harga AC 1/2 PK Berbagai Merk

Baca juga: Harga AC 1/2 PK Low Watt Hemat Listrik

Mengenal AC Inverter

AC Inverter sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan AC Low Watt. Teknologi Inverter bisa membuat cara kerja AC menjadi lebih maksimal dan membutuhkan daya listrik yang lebih rendah. Jenis AC yang satu ini sudah dilengkapi dengan kompresor berkualitas yang bisa berubah sesuai kebutuhan. Bahkan juga sudah dilengkapi sensor suhu yang memiliki fungsi sebagai pendeteksi suhu dan mengatur kerja kompresor.

Ketika suhu ruangan sudah berhasil mencapai suhu yang diinginkan maka kinerja kompresor akan menjadi lebih lambat. Dalam kondisi seperti ini kompresor hanya bekerja untuk menjaga suhu saja. Inilah yang menjadi alasan mengapa AC Inverter membutuhkan konsumsi listrik yang lebih rendah dibandingkan AC Low Watt. Menariknya lagi, AC Inverter mampu menghemat listrik sampai dengan 65%. Berbeda halnya dengan AC Low Watt, AC Inverter cocok untuk penggunaan secara terus menerus.

Kelebihan AC Inverter

  • Dengan penggunaan yang tepat dapat menghemat listrik lebih dari 30% bahkan lebih.
  • Penggunaan jangka panjang akan membuat Anda balik modal bahkan profit.

Kekurangan AC Inverter

  • Penggunaannya harus tepat, dan pemilihan PK harus tepat sesuai kebutuhan ruangannya, jika tidak malah akan jadi boros karena kinerja AC inverter bisa kerja 1,2 kali lipat dari PK nya.
  • Harga unit mahal di awal, jika penggunaan AC tidak sering tidak akan balik modal.
  • Biaya Penggantian Spare  Parts jika rusak akan lebih mahal , terutama  PCB Inverter outdoor dan Compressornya.

Baca juga: Harga AC Portable Kecil Untuk Kamar

Perbedaan Antara AC Low Watt dengan AC Inverter



  1. Perbedaan Harga

Jika dilihat dari segi harga, AC Low Watt memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan AC Inverter. Ini karena memang kompressor yang digunakan AC Low Watt lebih kecil. Namun meskipun harga AC Inverter tetapi hal tersebut sebanding dengan kualitasnya karena menggunakan teknologi terbaru dan tercanggih.

  1. Perbedaan Kompressor

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa AC Low Watt menggunakan kompressor yang lebih kecil dibandingkan kompressor AC Inverter. Namun untuk masalah cara kerjanya sama, yaitu ON/OFF.

  1. Perbedaan Konsumsi Listrik

AC Inverter hanya mengonsumsi listrik yang besar di awal dan kecil di akhir sehingga bisa digunakan secara terus menerus. Konsumsi listrik akan terus menurun sehingga total daya yang dibutuhkan lebih rendah daripada AC Low Watta. Bahkan konsumsi listrik AC Inverter ini bisa sampai 65% lebih rendah.



Leave a Reply

Your email address will not be published.