Cara Menghitung Borongan Cat Tembok


Menghitung Borongan Cat Tembok – Dalam pembangunan sebuah rumah, dinding tembok menjadi bagian yang paling menarik untuk terus di eksplor. Hal ini karena dinding mempunyai bagian permukaan rata dan luas.



Pada umumnya, cara yang paling tepat untuk mengeksplor dinding rumah adalah dengan menggunakan cat dinding. Cat dinding ini sendiri dapat diaplikasikan dalam varian warna yang sangat banyak.

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok

 

Jika misalnya Anda melakukan proses pengecatan rumah sendiri mungkin Anda hanya fokus pada satu warna yang digunakan untuk mengecat dinding rumah tersebut. Hal tersebut tentu akan sangat berbeda jika Anda menggunakan jasa borongan cat tembok.

Dengan menggunakan jasa borongan cat tembok maka Anda akan mendapatkan penawaran yang sangat menarik berupa pilihan warna yang cantik untuk setiap sisi dinding tembok. Jika ini terjadi maka tampilan hunian tempat tinggal Anda akan semakin berwarna dan menarik sehingga tidak akan membosankan.

Sekarang ini untuk harga borongan cat tembok bisa dibilang sangat bervariasi. Sebab, cat yang merupakan bahan dasar utamanya pun memiliki harga jual yang sangat beragam. Umumnya proses pengecatan dengan menggunakan jasa borongan cat ini banyak kita jumpai di kota-kota besar di Indonesia, sebab untuk wilayah pedesaan, borongan cat dirasa akan sangat berat sehingga proses borongan seperti sangat jarang dijumpai.



Baca juga: Cara Mengecat Tembok Yang Benar

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok
Sementara itu, biasanya untuk masalah perhitungannya berdasarkan per meter. Jadi jika misalnya Anda menggunakan jasa borongan cat seperti ini, maka jasa borongan tersebut nantinya akan menghitung luas dinding yang ingin dicat. Kemudian akan langsung ketemu berapakah harga borongan cat dinding yang perlu dibayarkan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa pengecetan ini, maka informasi mengenai harga borongan cat mungkin akan menjadi info yang paling dicari sebelum menyewa jasa pemborong untuk melakukan pekerjaan pengecatan dinding rumah Anda.

Nah, kali  ini kami akan memberikan info bagaimana cara menghitung borongan cat dinding tembok. Namun sebelum itu kami akan memberikan tips mengenai pemilihan cat dinding berkualitas. Tips ini penting untuk diketahui supaya hasil akhir pengecatan nantinya bisa maksimal. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pemilihan Cat Tembok Berkualitas

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok



Sekarang ini sudah banyak sekali cat dinding yang beredar di pasaran dengan berbagai merk. Namun tidak semua cat dinding memiliki kualitas bagus dengan hasil akhir maksimal. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang dimiliki cat dinding berkualitas:

  • Tidak memiliki kandungan timah hitam atau timbal (Pb) dan merkuri (Hg), sebab kedua zat ini sangat membahayakan bagi kesehatan. Jika anak-anak ataupun bayi terpapar merkuri kemungkinan besar bisa mengalami gangguan kecerdasan dan perilaku.
  • Cat dinding yang bagus tidak memiliki kandungan ppAC (lem putih). Hal tersebut karena lem mudah sekali larut di dalam air, sehingga cat tembok yang memiliki kandungan lem putih akan mudah sekali terkelupas jika sering terpapar hujan. Disamping itu, dinding yang dilapisi cat jenis ini akan meninggalkan bekas putih jika diusap menggunakan tangan atau bergesekan dengan benda lainnya.
  • Cat dinding dengan kualitas terbaik mampu bertahan sekitar 5 tahun hingga pengecatan ulang berikutnya.
  • Dinding dengan cat berkualitas bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan lap basah jika kotor, tidak akan membekas di tangan, dan tidak mudah terkelupas jika bagian permukaannya diketuk.
  • Dinding eksterior atau luar ruangan harus dicat dengan menggunakan cat dinding yang memiliki kandungan double UV protection. Hal ini bertujuan supaya dinding tidak mudah pudar karena terpapar cahaya matahari dan cuaca ekstrim.
  • Cat dinding tembok tanpa pure elastomeryc polymer acrylic umumnya memiliki kualitas rendah. Disamping itu, untuk cat dinding berkualitas baunya tidak akan menusuk hidung, lembut, dan tidak lengket di tangan.

Sebagai informasi tambahan, harga cat dinding eksterior umumnya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga cat dinding interior. Hal ini karena kandungan cat eksterior yang memang sudah disiapkan untuk menghadapi medan berat, yakni cuaca dan juga cahaya matahari.

Perhitungan Biaya Mengecat Rumah

Harga Borongan Cat Tembok Polos Eksterior

Perencanaan biaya untuk mengecat rumah tidak hanya akan membantu pemilik rumah untuk menghemat biaya yang perlu dikeluarkan, namun juga menghemat waktu yang diperlukan untuk mengecat rumah. Berikut ini adalah cara menghitung biaya mengecat rumah yang perlu Anda ketahui:

  • Pertama, Anda harus menghitung luas dinding tembok dengan menggunakan rumus ( 2 x panjang x tinggi ruang) + (2 x tinggi x lebar ruang).
  • Jika dinding mempunyai jendela atau pintu, maka Anda bisa menggunkan rumus sebagai berikut : luas area = luas dinding – luas jendela atau pintu.
  • Untuk menghitung volume cat yang diperlukan maka Anda bisa menggunakan rumus : luas bidang (dinding) : daya sebar cat (umumnya sudah tertera di setiap kemasan cat).

Jika dilihat sekilas memang pengecatan rumah terlihat sangat mudah dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun pengecatan rumah sebenarnya membutuhkan keterampilan dan pengetahuan secara khusus.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *