Harga Dan Ukuran Atap Onduline


Bobot atap ini terbilang ringan karena hanya mencapai 6,5 kg per lembar atau 3,4 kg per m2. Dengan bobotnya yang ringan membuat atap onduline menjadi mudah untuk dipasang. Atap ini hanya perlu dipasang menggunakan baut supaya menempel kuat dengan rangka atap bangunan sehingga pemasangan menjadi semakin praktis. Karena luasnya yang juga lebar maka pekerjaan pemasangan juga akan menjadi lebih cepat dan bisa lebih menghemat biaya untuk rangka atap.



Kelebihan Atap Onduline

Atap onduline lebih banyak dipilih dan digunakan oleh masyarakat karena menawarkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis atap bangunan yang lainnya. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh atap onduline adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas yang Bagus dan Tahan Lama

Atap onduline memiliki ketahanan yang sangat baik dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Proses pembuatan atap onduline sudah dilakukan secara modern dan didukung dengan bahan-bahan berkualitas. Inilah yang membuat jenis atap ini lebih awet, kuat, dan tahan terhadap segala jenis cuaca dan anti bocor.

  1. Mampu Menyekat Suhu dan Suara dengan Baik

Masih banyak sekali orang yang tidak tahu bahwa jenis atap onduline sangat efektif jika dijadikan sebagai penyekat suara dan suhu. Seperti yang kita tahu ketika hujan datang maka akan terdengar suara bising yang sangat menganggu. Namun jika Anda menggunakan atap onduline sudah pasti akan terhindar dari suara bising air hujan. Selain itu, atap onduline juga dapat dijadikan sebagai penyekat. Dengan demikian pengguna akan merasa nyaman ketika memakainya.

  1. Lebih Hemat Biaya Pemasangan dan Perawatan

Faktor budgeting menjadi hal pertama yang selalu dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat mengambil keputusan dalam pembangunan rumah. Jika Anda memiliki budget yang terbatas maka sangat disarankan untuk menggunakan atap onduline. Bahkan atap ini juga memiliki daya tahan yang cukup kuat sehingga Anda nantinya tidak perlu melakukan perbaikan atau penggantian atap dalam waktu dekat.

  1. Lentur, Ringan, dan Anti Pecah

Dalam proses pengangkutan material pada umumnya seringkali dijumpai adanya material yang mengalami rusak atau pecah ketika dalam perjalanan. Namun onduline berbeda dengan material lainnya, material ini tidak akan bisa pecah meskipun menerima terkanan. Hal tersebut dikarenakan secara struktur, atap onduline jauh lebih lentur.



  1. Kekuatan dan Daya Tahan Terjamin

Daya tahan dan kekuatan yang dimiliki oleh atap onduline memang bisa diunggulkan. Material  atap ini dibuat secara khusus supaya  mampu bertahan dari terpaan angin yang kecepatannya mencapai 192 km per jam. Bahkan onduline juga dapat menahan getaran dari gempa bumi yang kekuatannya mencapai 6,5 SR. Ini berarti bahan ini akan jauh lebih kuat dan aman digunakan untuk pemakaian jangkan panjang di seluruh wilayah.

  1. Ramah Lingkungan

Jika dibandingkan dengan atap asbes, atap onduline jauh lebih aman karena dibuat dari bahan alami. Dengan begitu tidak akan memberikan dampak yang bahaya jika digunakan dalam jangka panjang bagi penghuni rumah. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa pembuatan onduline sendiri adalah aspal dan serat selulosa kayu yang kemudian diproses sedemikian rupa hingga menjadi atap.  Karena proses pembuatannya demikian juga membuat atap onduline memiliki ketahanan yang lebih baik.

  1. Atap yang Multifungsi

Atap onduline merupakan jenis atap yang mudah untuk dipotong, dibentuk, dan dipasang sehingga bisa dikatakan sebagai atap multifungsi. Dengan begitu atap onduline juga mudah dibentuk untuk disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Atap onduline ini dapat digunakan untuk berbagai jenis bangunan dan atap, ventilasi, maupun ujung atap sekalipun.

Kekurangan Atap Onduline





Leave a Reply

Your email address will not be published.