Harga Partisi Gypsum Per Meter


Harga Partisi Gypsum – Saat mendirikan suatu bangunan seperti rumah, biasanya dibutuhkan partisi yang digunakan sebagai pemisah antara satu ruangan dengan ruang yang lainnya.



Partisi sendiri bisa dipasang secara permanen ataupun fleksibel sehingga bisa dipindah sesuai sesuai kebutuhan. Keberadaan partisi juga bisa digunakan sebagai dekorasi interior bangunan yang terlihat indah dan multifungsi.

Sekarang ini ada banyak sekali jenis material partisi ruangan yang bisa Anda pilih. Namun salah satu jenis partisi yang populer dan lebih banyak digunakan adalah partisi gypsum. Bahkan penggunaan partisi gypsum juga menawarkan banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis partisi yang lainnya.

Baca juga: Harga Partisi Ruangan Kantor

Mengenal Partisi Gypsum

Gypsum merupakan suatu material yang biasa digunakan pada ruangan kantor dan juga hunian. Papan gypsum ini juga memiliki beberapa sebutan lain seperti drywall, wallboard, dan plasterboard. Biasanya digunakan sebagai sekat pembatas ruangan kantor.  Gypsum dapat di dekorasi sedemikian rupa sehingga bisa sesuai dengan desain yang telah diterapkan pada ruangan.

Partisi gypsum terbagi menjadi dua macam, yang pertama adalah partisi dengan satu sisi yang memiliki fungsi sebagai penutup permukaan dinding batu bata.



Sedangkan untuk jenis yang kedua memiliki dua sisi yang terdiri dari papan gypsum, rangka, partisi, dan juga papan gypsum.

Jika digunakan sebagai penyekat ruang kantor, maka sangat disarankan untuk menggunakan jenis yang kedua (dua sisi).

Sedangkan untuk bentuk dari papan gypsum sendiri adalah kering. Untuk ukuran satu papannya yaitu 1,2 m x 2,4 m dengan ketebalan kurang lebih sekitar 8 sampai dengan 12 mm.

Untuk bisa mendapatkan papan gypsum yang sesuai, Anda harus melakukan konsultasi dengan jasa atau tukang.



Hal ini karena papan gypsum yang ingin dibeli harus dilakukan pengukuran terlebih dahulu sesuai dengan panjang dan lebar ruangan.

Jenis-Jenis Partisi Gypsum

Papan gypsum yang biasanya dijual di pasaran terbagi dalam beberapa jenis. Setiap jenisnya memiliki kualitas yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Adapun jenis-jenis partisi gypsum adalah sebagai berikut:

  1. Gypsum Reguler

Gypsum reguler umumnya menggunakan bagian inti gypsum dan papan yang dilapisi oleh kertas khusus. Gypsum reguler merupakan jenis partisi ruangan yang mudah dalam proses pemasangannya.

Papan bisa dipasang secara langsung pada kerangka dinding yang sudah ada sebelumnya lalu direkatkan dengan menggunakan lem atau bisa juga paku. Untuk bagian permukaan gypsum juga bisa dilakukan pengecatan dengan berbagai pilihan warna dan diperhalus.

  1. Water Resistant Gypsum Board



Sesuai namanya, papan gypsum ini memiliki kelebihan yang tahan terhadap air. Sehingga selain bisa digunakan sebagai sekat dalam ruangan, water resistan gypsum board juga bisa digunakan di luar ruangan. Kelebihannya yang tahan terhadap air dikarenakan adanya penambahan kimia silikon.

Jika Anda berencana untuk membuat toilet kantor, maka partisi gypsum anti air ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Bahkan partisi yang satu ini juga banyak digunakan sebagai penyokong ubin.

  1. Fire Rated Gypsum Board

Fire rated gypsum board merupakan jenis partisi ruangan kantor yang memiliki kemampuan tahan terhadap api. Sehingga akan sangat cocok sekali jika digunakan sebagai partisi interior ataupun eksterior.

Kemampuannya terhadap api ini dikarenakan adanya kandungan glass fiber yang merupakan inti dari material gypsum. Partisi ini sering digunakan di beberapa bangunan seperti rumah atau kantor yang areanya dekat dengan api.

  1. Sound Deadening Board

Papan gypsum ternyata juga ada yang mempunyai fungsi untuk meredam suara. Apabila Anda menginginkan sebuah ruangan kantor yang tidak berisik karena meeting antar departemen yang berbeda maka sangat disarankan untuk menggunakan partisi gypsum ini. Disamping itu, partisi gypsum ini terbuat dari dua panel gypsum yang tahan terhadap jamur dan lembab.

Kedua papan digabungkan menjadi satu dengan menggunakan polymer. Hasilnya, papan gypsum dapat dipasang di berbagai jenis kerangka baik itu besi, kayu, ataupun logam. Meskipun terdiri dari papan yang tahan terhadap jamur dan lembab, tetapi jika sudah direkatkan maka jenis papan yang satu ini tidak akan mampu menahan kelembaban yang tinggi.

Keunggulan Partisi Gypsum

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa penggunaan partisi gypsum menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan jenis partisi yang lainnya. Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh partisi gypsum adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki Bobot Ringan

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh partisi gypsum ada pada bobotnya yang terbilang sangat ringan daripada jenis material yang lainnya. Seperti misalnya, batu bata ringan mempunyai bobot kurang lebih 80 kilogram per meter persegi, sementara berat material gypsum hanya mencapai 30 kilogram per meter persegi.

Dengan bobotnya yang sangat ringan, maka tak heran jika partisi gypsum sangat mudah untuk dibuat, dipasang, dan bahkan dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

  1. Mudah dan Cepat Dipasang

Prosesp emasangan partisi gypsum juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan demikian partisi gypsum cocok untuk digunakan bagi Anda yang ingin lebih menghemat pengeluaran karena biaya yang diperlukan untuk membayar jasa instalasi akan lebih hemat. Ini tentunya berbeda jauh dengan pemasangan partisi dari bahan beton maupun bata yang membutuhkan tenaga dan waktu lebih lama.

  1. Sangat Fleksibel

Pemakaian partisi gypsum juga sangat fleksibel karena bisa dipasang dimana saja. Hal ini karena partisi gypsum tidak harus selalu berdiri di atas balok yang berstruktur dan berbeda dengan dinding batu bata yang pemasangannya harus tepat di atas balok struktur sehingga tidak fleksibel jika digunakan.

  1. Mudah Diperbaiki

Selain cepat dan mudah untuk pemasangannya, partisi gypsum juga mudah untuk dilakukan perbaikan. Jika ada bagian yang mengalami kerusakan, seperti berlubang ataupun lecet maka Anda hanya perlu menambahkan dempul di bagian partisi gypsum yang rusak tadi. Namun jika Anda ingin tampilannya tetap terlihat rapi maka sangat disarankan untuk mengganti bagian papan gypsum yang sudah rusak tadi dengan yang baru.

  1. Ramah Lingkungan

Saat melakukan proses pemasangan partisi gypsum juga tidak akan membutuhkan air. Sehingga bisa dibilang materil yang satu ini sangat ramah lingkungan. Bahkan meskipun partisi gypsum sudah tidak digunakan lagi, material ini nantinya tidak akan mencemari lingkungan. Hal ini karena material gypsum bisa melebur langsung dengan tanah.

  1. Memiliki Tekstur Halus dan Rapi

Partisi gypsum yang ada di pasaran sudah pasti memiliki bagian permukaan yang rapi. Sehingga penggunaan partisi gypsum ini secara tidak langsung juga akan memberikan nilai lebih karena bisa membuat interior rumah tetap terlihat menawan. Gypsum mempang mempunyai bagian permukaan dengan tekstur sangat halus. Bahkan untuk proses finishing partisi gypsum seperti pengecatan juga bisa dilakukan dengan mudah.

Tips Memilih Partisi Gypsum

Sebelum memberikan informasi harganya, kami akan bagikan terlebih dahulu tips penting bisa Anda ikuti sebelum melakukan pembelian. Pertama, Anda harus memilih partisi gypsum yang memiliki kualitas pelapis terbaik supaya nantinya tidak mudah mengalami robek, tidak menggelembung, dan tentunya tidak mudah berjamur.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *