Harga Spandek Transparan, Pasir Dan Flat


Mudah Dipasang

Atap spandek terbilang mudah untuk dipasang. Di samping itu juga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses pemasangannya. Sehingga lebih hemat tenaga. Rahasianya atap spandek tidak memerlukan struktur rangka yang rumit.

Kekurangan Atap Spandek

kekurangan atap spandek



Bising Saat Hujan

Kekurangan ini menjadi poin yang perlu dipertimbangkan. Saat hujan tiba, atap spandek menimbulkan suara gemericik yang bisa terdengar hingga dalam rumah.

Menyebabkan Panas di Dalam Ruangan

Atap spandek dapat menyerap sinar matahari karena tergolong konduktor panas yang baik. Hal ini membuat atap spandek menimbulkan panas saat siang hari. Maka dari itu atap ini lebih banyak dipakai pada bangunan industri.

Ketebalan dari atap spandek sendiri juga bervariasi ada yang mulai 0,30 mm sampai 0,50 mm dan bahkan bisa saja lebih tergantung pemesanan. Kelebihan penggunaan atap spandek :

  • Ringan
  • Anti pecah/retak
  • Anti patah
  • Anti keropos
  • Anti rayap
  • Tidak tembus sinar matahari
  • Bisa memesan berbagai macam ukuran sesuai dengan kebutuhan kita
  • Kuat tahan lama

Cara Memasang Atap Spandek pada Bangunan Rumah

Cara Memasang Atap Spandek

Atap spandek sekarang ini memang sedang ramai digunakan untuk keperluan atap bangunan seperti rumah. Karena kualitas atap ini terbilang sangat awet dan harganya cukup murah. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua tukang bangunan paham mengenai cara memasang atap spandek dengan baik dan benar.

Maka dari itu, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa cara dalam pemasangan atap spandek.  Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Mengukur Jarak Tumpuan

Pertama Anda harus melakukan pengukuran secara tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih tepat. Silahkan Anda cari terlebih dahulu seberapa luas ruang yang tersedia dan besarnya atap spandek yang perlu digunakan. Jangan lupa juga untuk menentukan lebar atap spandek yang cocok dipakai.

Jika semua data tersebut sudah terkumpul, Anda bisa langsung melakukan pengukuran terhadap jarak tumpuan yang nantinya dibutuhkan oleh atap spandek.

  1. Membuat Desain Kuda-Kuda

Dalam pemasangan atap spandek, disarankan untuk menggunakan kuda-kuda baja ringan atau bisa juga galvalum. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti kemampuan kuda-kuda dalam menopang beban, tingkat kemiringan atap, dan juga penentuan panjang top chord.

  1. Memasang Kuda-Kuda

Langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan desain kuda-kuda yang sudah dibuat tadi ke dalam wujud yang nyata. Namun sebelum itu Anda harus menggunakan pakaian pelindung sebagai keamanan. Usahakan untuk menggunakan celana dan baju yang memiliki lengang panjang, kacamata pelindung, dan sarung tangan. Jika sudah maka Anda bisa memulai untuk memasang kuda-kuda untuk menopang atap spandek tersebut. Langkah dalam pembuatan desain kuda-kuda ini harus dikerjakan dengan baik dan benar. Sebab jika salah, maka hal ini akan membuat atap spandek rawan ambruk.

  1. Pemasangan Reng Baja

Setelah memasang kuda-kuda dengan bentangan yang sangat kuat dan kokoh, maka pekerjaan pemasangan reng baja sudah bisa dilakukan. Reng ini nantinya akan dijadikan sebagai penopang atap spandek ketika dipasang sebagai atap. Sehingga pemasangan reng baja harus sesuai dengan ukuran lebar atap spandek yang ingin digunakan. Untuk jarak reng bisa Anda atur sendiri sesuai dengan lebar spandek. Dalam pemasangan reng ini harus cermat dan pastikan bahwa posisinya lurus.



Leave a Reply

Your email address will not be published.