Harga Dan Ukuran Atap Zincalume


Harga Dan Ukuran Atap Zincalume – Bagi sebagian orang yang masih awam dalam dunia konstruksi mungkin masih sangat asing jika mendengar istilah zincalume. Atap zincalume merupakan material yang biasa digunakan untuk penutup atap bangunan, material ini dibuat dari bahan alumunium dan juga seng.

Jenis atap yang satu ini memiliki banyak sekali fungsi. Umumnya atap ini digunakan sebagai atap rumah, atap garasi, atap gudang, atap kanopi, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Dalam pembuatan atap zincalum terdiri dari 3 macam komposisi yaitu alumunium, zinc dan silikon. Atap ini memiliki bobot yang terbilang cukup ringan sehingga menjadi salah satu kelebihannya. Selain itu, harga atap zincalume juga sangat terjangkau jika dibandingkan dengan material atap lainnya. Maka tak heran jika kebanyakan orang lebih memilih untukk mengunakan atap zincalume.

Sekarang ini sudah banyak sekali bangunan-bangunan yang memakai atap zincalume karena pemasangannya yang lebih cepat daripada genteng. Apalagi bagi pemborong yang mendapatkan project untuk membuat suatu gudang, tentunya akan lebih memilih untuk menggunakan atap zincalume.

atap zincalume

Atap zincalume kini memang sudah banyak digunakan untuk pembangunan suatu bangunan seperti rumah, toko, dan juga  sebagai kanopi atap. Selain itu, pemasangan atap zincalume juga jauh lebih efisien sehingga tidak akan memakan banyak waktu.

Nah, jika Anda ingin membeli atap zicalume tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu harganya. Dengan mengetahui harga atap zincalume maka Anda bisa memperhitungkan pengeluaran yang harus dikeluarkan.

Bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari informasi mengenai atap zincalume secara lengkap dan terbaru maka Anda bisa simak artikel ini. Pada kesempatan kali ini kami membahas mengenai atap zincalum lengkap bersama daftar harganya sehingga nantinya bisa Anda jadikan sebagai referensi. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Cara Menghitung Jarak Gording Atap

Perbedaan Atap Galvanis dan Atap Zincalume

Sebelum membahas lebih jauh, kami akan menjelaskan lebih dulu perbedaan antara atap zincalume dengan atap galvanis. Jika Anda sudah pernah membeli salah satu produk ini sebelumnya, maka kesempatan untuk salah dalam melakukan pembelian juga bisa saja terjadi. Untuk itu mari simak cara membedakan antara zincalume dengan galvanis berikut ini:

  1. Lapisan pada atap zincalume terdiri dari aluminium sebesar 55%, unsur seng atau zink 43%, dan unsur silikon 1,5%. Sementara lapisan pada material atap galvanis terdiri dari Zinc sebesar 98% dan aluminium 0.2%.
  2. Jika dilihat dari bagian warna permukaannya, baja ringan lapisan galvanis mempunyai corak seperti bungan es, sementara pada lapisan zincalume mempunyai corak pasir yang ukurannya sangat kecil.
  3. Atap zincalume memiliki ketahanan yang sangat rendah terhadap semen, sedangkan ketahanan galvanis terhadap semen sangat baik dibandingkan zincalume.
  4. Ketahanan atap zincalume terhadap karat sangat baik, tetapi tidak bisa terhindar dari terjadinya keropos. Hal ini merupakan kebalikan dari galvanis, yang dimana memiliki ketahanan cukup baik terhadap keropos, tetapi lebih lemah terhadap karat.

Ukuran Panjang Atap Zincalume Per Meter

Harga atap zincalume per meter tergantung dari ketebalan, lebar, dan panjang atap yang di pesan. Panjang atap zincalume yang biasa dijual di pasaran sangat beragam, mulai dari panjang 3 meter, 4 meter, 5 meter, sampai dengan 6 meter.

Ketebalannya pun juga bervariasi, dengan ketebalan mulai dari 0.30 mm, 0.35 mm, 0.40 mm, 0.45 mm hingga 0.50 mm. Sedangkan untuk lebar atap zincalume berada pada kisaran bentangan 600 mm hingga 1000 mm atau 1 meter.

Sekarang ini atap zincalume yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai jenis dan warna yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Beberapa varian yang bisa Anda pilih adalah warna merah, warna biru, warna hijau, warna hitam, warna cokelat, warna putih, warna abu-abu, dan masih banyak varian warna lainnya.

Kelebihan Atap Zincalume

Kelebihan Atap Zincalume

Sebagai material bangunan, atap zincalum memiliki banyak sekali kelebihan, diantaranya:

  1. Tahan Suhu Tinggi

Atap zincalume dihasilkan dari proses suhu yang mencapai hingga 600 F. Inilah yang menjadikan atap zincalume memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap suhu tinggi. Kemampuan ketahanan atap zincalume terhadap panas bisa mencapai hingga 315 derajat celcius yang bisa memberikan keuntungan pada warna yang tidak akan mudah pudar.

Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir dengan masalah pemudaran warna pada bagian atap, meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun meskipun bisa berubah, zincalume masih mudah untuk di cat ulang. Hal ini tentu karena adanya lapisan resin jernih.

Selain itu, atap zincalume juga mempunyai kemampuan yang cukup besar dalam memantulkan panas dan cahaya yang berasal dari matahari sehingga dapat digunakan untuk berbagai gedung ataupun rumah yang berlokasi di dataran tinggi.

  1. Mempunyai Warna yang Tahan Lama

Warna dari material atap zincalum terbilang sangat awet dan tidak mudah pudar. Maka dari itu, banyak sekali orang yang mengatakan bahwa atap zincalume merupakan salah satu jenis atap yang mempunyai warna sangat cantik sehingga membuat rumah terlihat menarik dan indah dipandang.

Warna yang mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama tersebut secara tidak langsung juga akan menghemat biaya pengeluaran Anda untuk melakukan pengecetan ulang jika Anda menggunakan warna yang lebih cepat pudar.

  1. Hemat dan Mudah Dibentuk

Atap zincalume mempunyai keunggulan yang mudah sekali untuk dibentuk dan ringan. Hal ini karena material atap yang satu ini dibuat dari bahan dasar alumunium dan seng. Bahkan karakternya yang sangat ringan tersebut membuat atap zincalume mudah dipotong.

Atap zincalume pun bisa Anda aplikasikan menjadi apapun, tidak hanya sebagai penutup atap saja. Salah satunya, bisa Anda gunakan sebagai dinding suatu ruangan yang ingin ditampilkan menjadi inustrialis dengan ekspos material logam.

Lalu mengapa atap zincalume disebut jauh lebih hemat? Alasannya tak lain karena atap zincalume sangat awet dan anggara biaya perawatan atap dapat Anda alokasikan untuk kebutuhan bahan pembangunan yang lainnya. Lebih hemat kan? Anda pun bisa membeli atap zincalume yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Dapat Memantulkan Panas

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa atap zincalum mampu memantulkan panas dengan baik. Atap zincalume sudah dilapisi dengan lapisan pasivasi yang dimana lapisan tersebut dapat membuat warnanya terlihat keperakan dan mengkilap. Lapisan inilah yang mampu memantulkan panas kembali.

Kekurangan Atap Zincalume

Meskipun menawarkan cukup banyak kelebihan, material atap zincalume juga tak luput dari kekurangan. Kelemahan yang dimiliki oleh material zincalume adalah terdengar sangat bising saat terkena air hujan atau ketika ada sesuatu yang sedang menimpa atap. Tentunya suara yang terdengar sangat bising ini akan membuat para penghuni rumah terasa sangat terganggu sehingga merasa tidak nyaman.

Selain terdengar sangat bising saat hujan, atap zincalume jauh lebih mudah menyerap panas jika dibandingkan dengan bahan yang lainnya. Bahkan atap zincalume memiliki ukuran yang cenderung sangat tipis. Maka dari itu, jika Anda ingin menggunakan material zincalume sebagai atap maka kami sarankan untuk menggunakan zincalume yang memiliki ukuran lebih tebal.

Jenis-Jenis Atap Zincalume

Atap zincalum memiliki banyak sekali jenisnya. Beberapa diantaranya adalah atap zincalume jenis ecospan, jenis trimlock, jenis KR3 – 760, jenis KR3 – 800, jenis KR5 – 750 S, jenis ecoclip, jenis gelombang bulat dan juga jenis KF – 620.

  1. Atap Zincalume Ecospan
    Atap Zincalume Ecospan
  2. Atap Zincalume Trimlock
    Atap Zincalume Trimlock
  3. Atap Zincalume Ecotrim
    Atap Zincalume Ecotrim
  4. Atap Zincalume KR3-760
    Atap Zincalume KR3-760
  5. Atap Zincalume KR3-800
    Atap Zincalume KR3-800
  6. Atap Zincalume KR3-750S
    Atap Zincalume KR3-750S
  7. Atap Zincalume KR9-680/KR10-760/KR12-920
    Atap Zincalume KR9-680/KR10-760/KR12-920
  8. Atap Zincalume Gelombang Bulat

Atap Zincalume Gelombang Bulat

Petunjuk Penyimpanan dan Pemasangan Zincalume

  • Cara Penyimpanan. Jangan sampai menaruh material zincalume diatas lantai secara langsung. Anda bisa menggunakan penopang dari kayu atau bahan lainnya untuk menghindari gesekan.
  • Pemasangan Zincalume. Buang material yang terbuat dari bahan logam, seperti paku ataupun potongan logam lainnya. Hal ini penting untuk dilakukan dengan tujuan agar terhindar dari gesekan antar logam yang bisa menimbulkan goresan sehingga bisa memicu muculnya karat dan juga korosi.
  • Sistem Pengikat. Untuk dapat mengikat antar lembaran material zincalume maka diperlukan pengikat yang berupa sealant. Sealant yang Anda gunakan harus netral dan tidak terbuat dari bahan yang mengandung unsur amina ataupun asam asetat.
  • Cara Pengelasan. Apabila Anda memerlukan pengelasan untuk dapat menyambung material zincalume maka usahakan untuk memberikan lapisan cat yang memiliki kandungan seng pada sambungan.

Baca juga: Harga Atap Galvalum

Harga Atap Zincalume Terlengkap dan Terbaru 2021

harga atap zincalume

Nama Barang Keterangan Harga per M2
Atap tipe KR (KR 5, KR 9, Tiger, Trimlock) Zincaluminium, 0.30 mm Rp 44.000
Zincaluminium, 0.35 mm Rp 50.000
Zincaluminium, 0.40 mm Rp 55.000
Zincalume, 0.30 mm Rp 47.000
Zincalume, 0.35 mm Rp 53.000
Zincalume, 0.40 mm Rp 60.000
Zincalume, 0.45 mm Rp 67.000
Zincalume, 0.50 mm Rp 74.000
Color / Kirana, 0.30 mm Rp 70.500
Color / Kirana, 0.35 mm Rp 79.500
Color / Kirana, 0.40 mm Rp 90.000
Color / Kirana, 0.45 mm Rp 100.500
Color / Kirana, 0.50 mm Rp 111.000
Colorbond, 0.30 mm Rp 94.000
Colorbond, 0.35 mm Rp 106.000
Colorbond, 0.40 mm Rp 120.000
Colorbond, 0.45 mm Rp 134.000
Colorbond, 0.50 mm Rp 148.000

 

Nama Barang Keterangan Harga per M2
Atap tipe KR (KR 10, KR , Ecotrim, Ecospand) Zincaluminium, 0.30 mm Rp 59.000
Zincaluminium, 0.35 mm Rp 67.000
Zincaluminium, 0.40 mm Rp 73.500
Zincalume, 0.30 mm Rp 63.000
Zincalume, 0.35 mm Rp 71.000
Zincalume, 0.40 mm Rp 80.000
Zincalume, 0.45 mm Rp 90.000
Zincalume, 0.50 mm Rp 99.000
Color / Kirana, 0.30 mm Rp 94.500
Color / Kirana, 0.35 mm Rp 106.500
Color / Kirana, 0.40 mm Rp 120.000
Color / Kirana, 0.45 mm Rp 135.000
Color / Kirana, 0.50 mm Rp 148.500
Colorbond, 0.30 mm Rp 126.000
Colorbond, 0.35 mm Rp 142.000
Colorbond, 0.40 mm Rp 160.000
Colorbond, 0.45 mm Rp 180.000
Colorbond, 0.50 mm Rp 198.000

Keterangan Pilihan Warna :

  • Colorbond : Off White, Mist Green, Angsana Stone, Sonata Blue, Gull Grey, Heritage Red, Armour Grey, Caulfield Green, Coral Blue, Mintsea Green
  • Kirana : Biru Belawan, Putih Pesaman, Abu Asahan, Hijau Haruan, Merah Membrano, Coklat Cisadane
  • Color : Biru Bromo, Merah Batavia, Merah Merapi, Coklat Toraja, Coklat Timika, Hijau Borneo

Daftar Harga Atap Zincalume Bluescope Lysaght

Nama Barang Keterangan Harga per M2
Klip-Lok 406 Hi-Ten 0,50 TCT (0,45 BMT) Rp 179.400
Klip-Lok Optima Hi-Ten 0,50 TCT (0,45 BMT) Rp 163.900
Klip-Lok Optima Hi-Ten 0,45 TCT (0,40 BMT) Rp 149.800
Spandek Hi-Ten 0,45 TCT (0,40 BMT) Rp 142.400
Spandek Hi-Ten 0,40 TCT (0,35 BMT) Rp 127.500
Trimdek Hi-Ten 0,45 TCT (0,40 BMT) Rp 130.700
Trimdek Hi-Ten 0,40 TCT (0,35 BMT) Rp 117.000

Tips Memilih Atap Zincalume

Untuk mendapatkan produk atap zincalume secara tepat dan sesuai dengan bangunan maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini kami akan beberapa tips dalam memilih atap zincalume :

  1. Sesuaikan dengan Model Bangunan

Sebelum membeli Anda harus melihat terlebih dahulu bagaimana model bangunan  yang Anda miliki. Model bangunan nantinya dapat menentukan produk atap zincalume manakah yang pas dan cocok untuk dibeli.

Adapun model bangunan yang kami maksud disini adalah bangunan komersil seperti pabrik, gudang atau justru bangunan pribadi seperti rumah. Penggunaan atap zincalume untuk model bangunan komersil sudah pasti berbeda dengan zincalume untuk bangunan rumah.

Ada beberapa tipe zincalume yang bisa dipilih sesuai dengan model bangunan tersebut, tipe disini berarti gelombang yang dimilikinya. Ada produk atap zincalume dengan tipe gelombang yang rata, ada yang lebih sedikit, dan ada pula yang lebih banyak. Anda bisa memilih tipe produk yang cocok dengan model bangunan Anda sendiri.

  1. Memilih Warna yang Sesuai

Tips berikutnya adalah memilih warna dari produk atap zincalume. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa produk ini dijual dalam varian warna yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, ada warna metal dan ada juga warna warni yang menarik. Jika atap zincalume digunakan untuk bangunan komersil maka sangat disarankan untuk memilih produk zincalum yang tidak mempunyai cat atau netral.

Namun jika atap zincalume yang dipilih digunakan untuk atap rumah, Anda bisa memilih warnanya dengan bebas sesuai dengan kesan yang ingin Anda tampilkan pada hunian Anda tersebut.

  1. Pilih Produk yang Berkualitas

Atap zincalume sekarang ini memang dijual dengan harga beragam. Meski demikian, jangan sampai Anda membeli produk yang terlalu murah karena belum pasti kualitasnya. Usahakan untuk membeli produk dari merk terbaik yang dimana kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dengan memilih produk berkualitas maka dijamin bangunan Anda nantinya bisa awet dan mampu tahan lama.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai atap zincalume lengkap beserta daftar harganya.

Semoga ulasan yang sudah kami sampaikan pada pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih sudah mengunjungi website kami, sampai jumpa pada pembahasan yang berikutnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *