Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan Dengan Tepat


Menghitung Baja Ringan – Saat ini sudah banyak rumah-rumah atau gedung yang menggunakan rangka atap baja, penggunaan atap jenis ini selain kuat dan kokoh juga lebih tahan lama dibandingkan dengan rangka atap kayu maupun cor.

Selain itu rangka atap baja ringan ini juga mudah dalam proses pemasangan maupun penggantiannya dan dengan begitu jika ingin dibongkar maka tidak membutuhkan waktu yang lama.

Baja ringan adalah material baja yang lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan baja konvensional. Akan tetapi daya tahannya bisa diandalkan untuk menopang beban berat. Varian baja ini awalnya diciptakan karena bahan penyusun baja, karbon dan besi rentang berkarat jika material tersebut terkena air dan udara dalam waktu lama. maka dari itu terciptalah baja ringan yang tidak hanya lebih ringan namun juga anti karat.

Pemasangan atap baja ringan memerlukan perhitungan yang tepat. Maka dari itu Anda perlu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan yang ahli untuk mendapat gambaran tentang rangka atap dalam bentuk gambar tiga dimensi atau dua dimensi. Walaupun saat ini rangka atap baja ringan banyak dipakai oleh rumah dengan atap pelana, atap baja ringan juga bisa dipakai untuk atap gaya lainnya.

Umumnya ketebalan kuda-kuda atap baja ringan sekitar 0,45 – 100 mm. Kolom mempunyai ketebalan lebih besar, yakni 1,00 – 2 mm. Sementara genteng metal mempunyai ketebalan 0,2 mm, lantaran beban yang ditanggung bagian ini lebih ringan dari rangka baja ringan di bagian kolom.

Apabila anda ingin memasang rangka atap baja ringan maka harus tahu lebih dulu berapa luas ukuran yang dibutuhkan karena apabila sampai salah perhitungan maka tidak hanya rugi dalam biaya saja namun proses pemasangannya pun juga lebih lama sebab harus menyesuaikan kembali. Dengan begitu saya sarankan anda harus benar-benar cermat dalam menentukan berapa luas ukuran yang dibutuhkan dalam pemasangan rangka atap tersebut.

Sebenarnya sekarang jika anda ingin memasang rangka atap baja ringan tidak perlu khawatir dalam penghitungan Karena sudah ada rumus yang digunakan baik itu secara manual alias menghitung sendiri maupun memakai aplikasi.

Jika ingin memasang rangka atap baja ringan, hal pertama yang perlu dilakukan menghitung rincian biaya yang dikeluarkan dan menyesuaikannya dengan budget yang kita siapkan. Saat ini biaya pemasangan rangka atap baja ringan sudah termasuk biaya penutup atap atau genteng.

Nah cara menghitung luas rangka atap baja tersebut bisa dikatakan susah-susah gampang, mungkin bagi yang sudah berpengalaman dan terbiasa pasti tidak mengalami kesulitan ketika menemui hal-hal seperti ini. Namun bagi kita yang masih awam dan dalam proses belajar maka membutuhkan waktu yang lama untuk menghitung luas dari rangka yang dibutuhkan.

Baca juga : Harga Atap Spandek Semua Ukuran Terbaru

Berikut saya berikan tata cara menghitung luas rangka atap baja ringan baik secara manual ataupun memakai aplikasi :

Sebagai contoh, seumpama ukuran bangunan rumah anda 10 x 10 meter tambah overstek setiap ke 4 sisi bangunan 1 meter, dengan derajat kemiringan 35 derajat, maka hasil dari perhitungan volume rangka atap baja ringan adalah :

  • Panjang bangunan   = 10+1+1            = 12 meter
  • Lebar bangunan      = 10+1+1             = 12 meter
  • Derajat kemiringan = cos 35               = 0,819
  • Volume                    = 12 x 12 : 0,819 = 175,8 meter2

Nah jadi hasilnya bisa diketahui sudah, luas rangka atap baja ringan bangunan rumah anda adalah : 175,8 meter2.

Itulah sedikit informasi yang sudah saya berikan tentang bagaimana cara menghitung rangka atap baja ringan, seperti yang sudah saya jelaskan diatas menghitung luas tersebut membutuhkan ketepatan sehingga Anda tidak akan rugi biaya dan waktu apabila ukuran tersebut salah.

Jika anda mengalami kesulitan dalam menghitung tidak ada salahnya meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli seperti tukang ataupun orang yang memang bekerja di bidang tersebut.

Leave a Comment