×

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Selain sebagai bahan bakar, solar juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada benda-benda dari bahan besi seperti obeng, tang, atau peralatan yang lainnya. Cara menghilangkan karat dengan memanfaatkan solar pun sangat mudah.

Anda hanya perlu merendam benda yang mengalami karat ke dalam sebuah wadah atau tempat khusus yang sudah diisi dengan solar. Diamkan sekitar satu malam supaya terjadi reaksi lebih dahulu. Jika sudah, bisa langsung Anda angkat benda tersebut dari rendaman solar.



  1. Menggunakan Minuman Soda

Menghilangkan Karat Pada Besi

Tak hanya dijadikan sebagai minuman penyegar saja, minuman soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan besi pada karat. Caranya adalah dengan menuangkan soda pada suatu wadah, lalu rendam benda yang mengalami karat ke dalam wadah tersebut.

Diamkan selama beberapa saat hingga karat mulai memudar dan menghilang sampai benar-benar bersih. Jika sudah, bersihkan benda yang sudah hilang karatnya menggunakan kain lap basah supaya tidak lengket. Jangan lupa untuk segera mengkeringkannya menggunakan kain lap kering.

  1. Menggunakan Asam Sitrat

Menghilangkan Karat Pada Besi

Cara menghilangkan karat yang ampuh lainnya adalah menggunakan asam sitrat. Asam sitrat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko kue terdekat. Untuk mengaplikasikannya Anda bisa mencampurkan bubuk asam sitrat dengan air hangat dalam suatu wadah khusus. Kemudian Anda bisa langsung merendam benda-benda yang mengalami karat ke dalamnya.

Dengan menerapkan cara menghilangkan karat besi ini, maka karat semakin lama akan menjadi lunak dengan sendirinya. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membersihkan sisa-sisa karat lunak tersebut menggunakan spons atau bisa juga dengan sikat.

  1. Menggunakan Kombinasi Kentang dengan Sabun Cuci Piring

Menghilangkan Karat Pada Besi



Leave a Comment