×

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Mungkin Anda belum tahu bahwa kentang dan sabun cuci piring ternyata sangat ampuh untuk digunakan dalam menghilangkan karat pada besi. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memotong kentang menjadi beberapa bagian kemudian ditumbuk sampai benar-benar halus.

Setelah itu, campurkan kentang yang sudah ditumbuk tersebut dengan sabun pencuci piring. Aduk sampai rata, kemudian oleskan pada benda yang mengalami karat. Biarkan selama beberapa waktu supaya campuran kentang dan sabun cuci piring sampai benar-benar meresap hingga ke bagian karat pada besi.



Jika sudah, Anda bisa menggosok dengan menggunakan spons yang terbuat dari bahan dasar alumunium foil atau bisa juga spons dari bahan dasar kawat. Kemudian Anda bisa langsung menggunakan kain kering untuk membersihkan dan mengeringkannya.

Baca juga: Model Pagar Besi Minimalis

Tips Mencegah Karat Supaya Tetap Bersih

Cara Mencegah Karat agar Tetap Bersih

Karat akan sangat menganggu jika dibiarkan begitu saja. Proses menghilangkan karat juga akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dengan demikian Anda harus selalu berperan dalam menjaga suaya benda-benda kesayangan nantinya tidak mengalami karat.

Maka dari itu, Anda bisa melakukan pencegahan sebelum karat menempel cukup lama dan semakin sulit untuk dihilangkan. Berikut ini kami akan memberikan tips dalam mencegah karat pada besi yang dilansir dari Industrial Metal Supply:

  • Pastikan bahwa bagian permukaan benda yang terbuat dari besi selalu dalam keadaan kering dan jangan sampai basah terkena air. Kandungan oksigen yang ada dalam molekul air bisa menyebabkan terjadinya oksidasi dan membuat benda tersebut cepat mengalami karat.
  • Hindari goresan pada berbagai benda yang dibuat dari bahan besi. Jika misalnya terjadi goresan maka sudah pasti benda tersebut akan sangat rentan mengalami karat dan bahkan bisa membuatnya mampu menyimpan air pada bagian permukaan yang telah tergores.
  • Anda bisa menggunakan besi stainless yang sudah pasti jauh lebih kuat terhadap karat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama lagi. Selain itu, perawatan yang dibutuhkan oleh besi stainless juga cukup mudah dan tidak terlalu banyak. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menjaga supaya kualitasnya mampu bertahan cukup lama.

Itulah beberapa cara menghilangkan karat pada besi yang paling ampuh dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Dengan mengaplikasikan beberapa cara yang kami sampaikan diatas pastinya akan lebih membantu supaya peralatan yang ada di dalam rumah bisa terjaga dan dapat terhindar dari karat. Selamat mencoba!



Leave a Comment