Cara Menghilangkan Karat Pada Besi


Menghilangkan Karat Besi – Karat adalah suatu kondisi dimana besi mengalami korosi yang sudah melalui proses oksidasi sehingga dapat memicu timbulnya kotoran hasil korosi yang berwarna kuning dan berbau seperti halnya besi.

Karat sendiri bisa terbentuk dengan mudah karena adanya uap air ataupun udara sekitar yang sangat lembab, uap garam atau asam di udara bebas, kondisi fisik logam yang memiliki bagian permukaan tidak rata, dan bahkan juga bisa diakibatkan karena saling bersinggungannya antara satu logam dengan logam yang lain.

Menghilangkan Karat Pada Besi

Kebanyakan orang pasti mengeluh apabila barang-barang kesayangan di rumah mengalami karat. Berbagai upaya pun akan dilakukan untuk mengatasi karat pada besi tersebut. Lalu bagaimana cara yang paling ampuh untuk menghilangkan karat pada besi? Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Besi Hollow

Menghilangkan Karat Pada Besi

  1. Menggunakan Garam, Bubuk Soda Kue, dan Air Jeruk

Menghilangkan Karat Pada Besi

Sebenarnya cara menghilangkan karat tidak terlalu sulit, bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga mudah ditemukan. Beberapa bahan yang mudah ditemukan dan bisa dimanfaatkan adalah garam, bubuk soda kue dan air perasan jeruk. Dengan menggunakan kombinasi ketiga bahan ini maka karat pada besi bisa dihilangkan dengan mudah.

Langkah caranya adalah menyampurkan setengah sendok bubuk soda kue, setengah sendok garam, dan air perasan jeruk. Kemudian ketiga bahan tersebut didiamkan sekitar 2 jam lebih lamanya.

Jika sudah didiamkan maka bisa langsung dioleskan pada benda yang mengalami karat. Diamkan selama beberapa saat dan perhatikan secara perlahan bahwa karat yang menempel akan mulai pudar dan menghilang. Jika dirasa sudah cukup, bisa Anda bersihkan menggunakan kain kering. Cara menghilangkan karat yang satu ini sangatlah ampuh tanpa merusak barang atau benda yang dibuat dari besi tersebut.

  1. Menggunakan Cuka Biasa

Menghilangkan Karat Pada Besi

Cara menghilangkan karat yang kedua adalah dengan menggunakan bahan cuka. Disini Anda hanya perlu menuangkan cuka biasa pada benda yang mengalami karat dengan waktu selama 24 jam.

Jika sudah tinggal Anda gosok bagian karatnya dengan menggunakan spons atau sikat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gunakan spons atau bisa juga sikat yang berbahan aluminium foil karena jauh lebih ampuh dan cepat dalam menghilangkan sisa-sisa karat.

  1. Menggunakan Ampelas

Menghilangkan Karat Pada Besi

Ampelas pada umumnya digunakan sebagai alat untuk melakukan finishing supaya bagian permukaan benda menjadi rata dan halus. Disamping itu, ternyata ampelas juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi.

Pengunaan ampelas pun sangat mudah karena Anda perlu menggosok-gosokkan ampelas ke beberapa bidang dari benda yang mengalami karat. Perlu diingat, jangan sampai menekan terlalu keras dalam proses penggosokannya. Hal ini penting untuk diingat supaya nantinya tidak merusak benda yang dibuat dari besi tersebut.

Anda dapat membeli ampelas dengan kualitas terbaik di depo bangunan ataupun toko bangunan terdekat di kota Anda.

  1. Menggunakan Bahan Bakar Solar

Menghilangkan Karat Pada Besi

Selain sebagai bahan bakar, solar juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada benda-benda dari bahan besi seperti obeng, tang, atau peralatan yang lainnya. Cara menghilangkan karat dengan memanfaatkan solar pun sangat mudah.

Anda hanya perlu merendam benda yang mengalami karat ke dalam sebuah wadah atau tempat khusus yang sudah diisi dengan solar. Diamkan sekitar satu malam supaya terjadi reaksi lebih dahulu. Jika sudah, bisa langsung Anda angkat benda tersebut dari rendaman solar.

  1. Menggunakan Minuman Soda

Menghilangkan Karat Pada Besi

Tak hanya dijadikan sebagai minuman penyegar saja, minuman soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan besi pada karat. Caranya adalah dengan menuangkan soda pada suatu wadah, lalu rendam benda yang mengalami karat ke dalam wadah tersebut.

Diamkan selama beberapa saat hingga karat mulai memudar dan menghilang sampai benar-benar bersih. Jika sudah, bersihkan benda yang sudah hilang karatnya menggunakan kain lap basah supaya tidak lengket. Jangan lupa untuk segera mengkeringkannya menggunakan kain lap kering.

  1. Menggunakan Asam Sitrat

Menghilangkan Karat Pada Besi

Cara menghilangkan karat yang ampuh lainnya adalah menggunakan asam sitrat. Asam sitrat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko kue terdekat. Untuk mengaplikasikannya Anda bisa mencampurkan bubuk asam sitrat dengan air hangat dalam suatu wadah khusus. Kemudian Anda bisa langsung merendam benda-benda yang mengalami karat ke dalamnya.

Dengan menerapkan cara menghilangkan karat besi ini, maka karat semakin lama akan menjadi lunak dengan sendirinya. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membersihkan sisa-sisa karat lunak tersebut menggunakan spons atau bisa juga dengan sikat.

  1. Menggunakan Kombinasi Kentang dengan Sabun Cuci Piring

Menghilangkan Karat Pada Besi

Mungkin Anda belum tahu bahwa kentang dan sabun cuci piring ternyata sangat ampuh untuk digunakan dalam menghilangkan karat pada besi. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memotong kentang menjadi beberapa bagian kemudian ditumbuk sampai benar-benar halus.

Setelah itu, campurkan kentang yang sudah ditumbuk tersebut dengan sabun pencuci piring. Aduk sampai rata, kemudian oleskan pada benda yang mengalami karat. Biarkan selama beberapa waktu supaya campuran kentang dan sabun cuci piring sampai benar-benar meresap hingga ke bagian karat pada besi.

Jika sudah, Anda bisa menggosok dengan menggunakan spons yang terbuat dari bahan dasar alumunium foil atau bisa juga spons dari bahan dasar kawat. Kemudian Anda bisa langsung menggunakan kain kering untuk membersihkan dan mengeringkannya.

Baca juga: Model Pagar Besi Minimalis

Tips Mencegah Karat Supaya Tetap Bersih

Cara Mencegah Karat agar Tetap Bersih

Karat akan sangat menganggu jika dibiarkan begitu saja. Proses menghilangkan karat juga akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dengan demikian Anda harus selalu berperan dalam menjaga suaya benda-benda kesayangan nantinya tidak mengalami karat.

Maka dari itu, Anda bisa melakukan pencegahan sebelum karat menempel cukup lama dan semakin sulit untuk dihilangkan. Berikut ini kami akan memberikan tips dalam mencegah karat pada besi yang dilansir dari Industrial Metal Supply:

  • Pastikan bahwa bagian permukaan benda yang terbuat dari besi selalu dalam keadaan kering dan jangan sampai basah terkena air. Kandungan oksigen yang ada dalam molekul air bisa menyebabkan terjadinya oksidasi dan membuat benda tersebut cepat mengalami karat.
  • Hindari goresan pada berbagai benda yang dibuat dari bahan besi. Jika misalnya terjadi goresan maka sudah pasti benda tersebut akan sangat rentan mengalami karat dan bahkan bisa membuatnya mampu menyimpan air pada bagian permukaan yang telah tergores.
  • Anda bisa menggunakan besi stainless yang sudah pasti jauh lebih kuat terhadap karat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama lagi. Selain itu, perawatan yang dibutuhkan oleh besi stainless juga cukup mudah dan tidak terlalu banyak. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menjaga supaya kualitasnya mampu bertahan cukup lama.

Itulah beberapa cara menghilangkan karat pada besi yang paling ampuh dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Dengan mengaplikasikan beberapa cara yang kami sampaikan diatas pastinya akan lebih membantu supaya peralatan yang ada di dalam rumah bisa terjaga dan dapat terhindar dari karat. Selamat mencoba!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *