×

Harga Pipa Air PVC Berbagai Merk

Pipa dibuat dengan bentuk berupa batangan dan dipotong sesuai dengan ukuran per meter. Untuk bisa mendapatkan produk pipa paralon yang sesuai kebutuhan, sangat disarankan untuk melakukan pengukuran terlebih dahulu mengenai besaran saluran yang ingin digunakan.

Jika misalnya digunakan sebagai saluran air untuk bangunan rumah maupun ruang domestik, biasanya sekitar 2 inchi. Hal ini tentu berbeda dengan pabrik atau tempat yang digunakan khusus irigasi, pipa yang memiliki ukuran lebih besar sangat direkomendasikan.



Panjang pipa PVC sendiri sangat beragam mulai dari 1 inchi sampai dengan 8 inchi. Diameternya pun juga bervariasi, yaitu mulai dari 22 mm, 24 mm, 42 mm dan bahkan ada juga yang mencapai 42 mm. Sedangkan untuk ukuran ketebalannya dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini:

Baca juga: Harga Pipa Besi Hitam

Ketebalan Pipa PVC Standard AW/D

Ketebalan Pipa PVC JlS VP/VU

Baca juga: Harga Pipa Stainless Steel Bulat Dan Kotak

Jenis-Jenis Pipa PVC

Pipa PVC umumnya menggunakan standar ukuran JlS atau Japanese Industrial Standard. Sementara untuk PDAM biasanya menggunakan standard Nasional SNI. Perlu diketahui bahwa dalam sistem JlS ada 3 macam jenis pipa PVC, yakni:

  1. Pipa Kelas AW

Pipa PVC AW merupakan pipa yang memiliki ketebalan paling tinggi dengan daya tekanan yang mencapai lebih dari 10kg/cm2. Jenis pipa PVC yang satu ini biasa digunakan pada saluran air yang memiliki tekanan tinggi atau yang menggunakan pompa air. Seperti misalnya saluran air yang berada di bawah tanah, air ke kran-kran air, dan juga saluran penyediaan air untuk kebutuhan rumah tangga.

  1. PVC Kelas D

PVC kelas D merupakan jenis PVC dengan ukuran ketebalan yang tergolong sedang. Pipa ini mampu menahan tekanan hingga mencapai 5kg/cm2, sehingga akan sangat fleksibel jika dijadikan sebagai bahan sambungan di berbagai macam kebutuhan saluran air yang ada di rumah.

  1. PVC Kelas C

PVC kelas C merupakan salah satu jenis pipa PVC yang biasa digunakan sebagai pelindung komponen listrik pada instalasi elektronik. Jenis ini memiliki bahan yang terbilang tipis jika dibandingkan dengan jenis pipa PVC yang lainnya. Namun jika dilihat dari aspek kekuatan, PVC kelas C ini memiliki kekuatan yang sama dengan jenis pipa lainnya.

  1. Pipa PVC Kelas O

Pipa PVC kelas O adalah pipa PVC yang dibuat dengan menggunakan metode bi-axial sehingga mempunyai ketahanan dan elastisitas yang jauh lebih kuat. Karena memiliki elastisitas yang sangat baik maka kemungkinan terjadinya keretakan pada pipa juga kecil.

Daya tahan yang dimiliki oleh pipa PVC kelas O ini sangat baik, bahkan mampu menahan beban berat PN-10 hingga PN-12,5 atau 10-12.5 Kg/cm2. Sedangkan untuk masalah instalasinya, pipa PVC kelas O biasanya menggunakan teknik rubber joint.

Baca juga: Harga Tandon Air Stainless Dan Plastik

Sambungan Pipa PVC

Pada umumnya ada 3 tipe sambungan paralon yang biasa digunakan, yaitu sambungan dengan model sok, drat, dan sambungan pipa yang memiliki ukuran besar. Sambungan sok adalah teknik sambungan yang digunakan untuk menyambungkan antara dua atau lebih jenis pipa. Sedangkan sambungan drat digunakan untuk khusus untuk menyambungkan dan memasang pipa pada fitting jenis drat.

Berbeda halnya dengan sambungan pipa yang lebih besar, apalagi jika dibuat dari bahan logam. Jenis ini umumnya menggunakan sambungan baut (flange) sehingga dapat memberikan ksan yang kuat, tidak gampang lepas, dan juga tidak mudah bocor.



Leave a Comment