×

Perhitungan Tembok Penahan Tanah Dengan Excel

Perhitungan Tembok Penahan Tanah Dengan Excel – Dinding penahan tanah atau yang biasa disebut dengan retaining wall merupakan konstruksi yang harus ada pada  struktur atau bangunan yang terletak di lahan miring. Jika Anda sering main ke tepi sungai atau pantai, pastinya Anda sudah tidak asing dengan konstruksi ini.



Pembangunan konstruksi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya longsor, ini karena tanah dengan kondisi miring tidak mampu menjamin kemantapannya sendiri. Sehingga tanah alami atau tanah lepas tersebut akan runtuh dan bahkan menyebabkan longsor. Oleh karena itu, sekarang ini sudah banyak dibangun dinding penahan tanah supaya hal-hal yang berbahaya tersebut bisa ditanggulangi.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah file perhitungan struktur dinding penahan tanah dalam bentuk excel. Namun sebelum itu, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai dinding penahan tanah. Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Fungsi Dinding Penahan Tanah

Dinding penahan tanah memang memiliki fungsi utama untuk menahan dan memberikan stabilitas pada lereng. Selain itu, dinding penahan tanah juga memiliki beberapa fungsi lain seperti berikut:

  • Sebagai penahan gaya lateral tanah aktif atau Active Lateral Force Soil yang bisa mengakibatkan terjadinya keruntuhan lateral tanah, seperti misalnya longsor atau landslide.
  • Sebagai penahan gaya tekan lateral air atau Lateral Force Water yang bisa mengakibatkan terjadinya keruntuhan lateral karena tekanan air yang besar seperti erosi.
  • Memberikan perlindung karena adanya perembesan air atau seepage yang disebabkan oleh elevasi muka air tanah yang terlalu tinggi. Selain itu, juga sangat berfungsi dalam proses pengeringan air atau dewatering yakni dengan memotong aliran air (flow net) pada tanah (cut off).

Baca juga: Pondasi Rollag Bata Untuk Rumah Tinggal

Jenis-Jenis Dinding Penahan Tanah

Dinding penahan tanah terbagi dalam beberapa jenis yang tertentu, tergantung dari aplikasi dan kasus tanahnya. Berikut ini adalah beberapa jenis dinding penahan tanah beserta pembahasannya yang perlu Anda ketahui.

  1. Cantilever Retaining Wall

Cantilever rentaining wall adalah salah satu jenis dinding penahan tanah yang biasa digunakan di daerah timbunan atau tebing. Konstruksi dinding ini memiliki fungsi sebagai penahan tanah di daerah-daerah seperti itu. Prinsip kerjanya adalah mengendalikan daya jepit yang ada pada struktur badan dindingnya.

Ciri khas dinding yang satu ini dapat dilihat dari bentuk konstruksinya yang berupa model telapak memanjang di bagian dasar struktur dengan sistem jepit.

  1. Gravity Retaining Wall



Leave a Comment