Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya


Langkah pertama ketika ingin melakukan plamir tembok adalah dengan membersihkan tembok terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya plamir tembok nantinya bisa merekat dengan sempurna. Karena memang kotoran atau debu yang menempel pada tembok mampu menurunkan daya lekat plamir tembok.



Tak hanya itu, tekstur dari kotoran atau debu ternyata juga bisa menyebabkan bagian permukaan tembok tidak rata. Apabila dinding sudah bercat, sangat disarankan untuk mengkelupas cat lamanya terlebih dahulu supaya proses pengecatan selanjutnya bisa lebih sempurna tanpa adanya sisa.

  1. Menyiapkan Plamir Tembok

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya

Bahan plamir tembok bisa didapatkan dengan dua cara, yaitu dengan membuatnya sendiri atau bisa juga membelinya langsung di toko bangunan. Anda bisa membuat plamir tembok sendiri dengan cara mencampur kalsium, lem dan juga air menggunakan perbadingan tertentu.

Atau Anda juga bisa menggunakan plamir tembok yang bisa Anda beli di pasaran sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk membuatnya sendiri. Dengan membeli plamir tembok di pasaran maka akan membuat Anda terhindar dari risiko gagal dalam proses pembuatan.

  1. Mengaplikasikan Plamir Tembok

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya

Langkah ketiga ini merupakan proses paling inti, yakni mengaplikasikan plamir tembok itu sendiri. Anda bisa menuangkan plamir tembok dalam suatu wadah supaya lebih mudah untuk digunakan.



Usahakan untuk menggunakan kape, yakni sejenis alat yang digunakan untuk mengerik cat kering dengan bagian utama berupa besi dalam bentuk alas segitiga.

Anda bisa mengoleskan cairan plamir mulai dari bagian atas menju ke bagian bawah tembok untuk mendapatkan hasil plamir yang lebih rata dan rapi. Pastikan bahwa seluruh pori-pori tembok bisa tertutup dengan sempurna.

  1. Mengeringkan Plamir Tembok

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya

Jika proses pengaplikasian plamir tembok sudah selesai, maka langkah berikutnya adalah menunggu plamir tembok sampai benar-benar kering. Proses ini biasanya akan memakan waktu selama 24 jam untuk memastikan plamir tembok bisa menempel dengan sempurna.



  1. Pengamplasan Dinding

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya

Dinding tembok yang sudah dilapisi dengan plamir dan sudah dikeringkan selama 24 jam maka siap untuk memasuki proses berikutnya, yaitu pengamplasan dinding. Anda bisa menggunakan kertas amplas yang memiliki tekstur lebih halus supaya plamir tembok yang sudah kering tidak akan mengelupas akibat amplas yang kasar.

Usahakan untuk menggosok amplas dengan pelan namun tidak terlalu keras pada dinding, amplas semua dinding yang sudah Anda lapisi plamir. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil plamir yang jauh lebih bagus dan rata.

  1. Mengecek Hasil Akhir

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya



Leave a Reply

Your email address will not be published.