Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai


Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai – Setiap orang sudah pasti ingin memiliki sebuah rumah impian. Tidak sedikit pula orang yang ingin membangun rumah 2 lantai dengan ukuran besar. Apabila Anda ingin mewujudkan keinginan tersebut, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat perhitungannya.

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Selain memperhitungkan luas tanah, Anda juga harus memperhitungkan finansialnya. Dengan demikian, pembangunan rumah Anda nantinya akan terencana dengan baik dan kondisi Anda akan selalu aman terkendali.

Sebenarnya cara menghitung anggaran pembangunan rumah bisa dibilang sangat mudah. Anda bisa dengan mudah mengetahui estimasi biaya bangun rumah 2 lantai dengan cara menambahkan hasil hitung luas bangunan dan juga biaya konstruksi rumah tersebut.

Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai perhitungan biaya bangun rumah, Anda bisa simak pembahasan ini sampai dengan akhir.  Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara menghitung biaya bangun rumah dua lantai dengan luas kurang lebih 100 m2, ini merupakan ukuran perumahan yang paling populer dan menjadi incaran serta pusat perhatian bagi keluarga baru.

Kami dapat memastikan bahwa setelah Anda membaca pembahasan yang kami sampaikan kali ini, Anda bisa mempunyai pandangan umum tentang biaya konstruksi yang diperlukan untuk bangun rumah idaman Anda!

Baca juga: Cara Meningkat Rumah Tanpa Suntik Pondasi

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

 

 

Selain untuk rumah 2 lantai, cara menghitung anggaran bangun rumah yang akan kami sampaikan berikut ini juga bisa Anda gunakan pada bangunan rumah 1 lantai. Namun perlu diketahui bahwa hasil perhitungan ini semata—mata hanya estimasi anggaran saja.

Sedangkan untuk biaya real pembangunan rumah tersebut, Anda harus melihat kebutuhan di lapangan. Jika semakin banyak hal-hal yang ingin Anda tambahkan maka akan semakin besar pula biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan rumah.

Jika budget yang diperlukan untuk membangun rumah sangat terbatas, kami sarankan untuk fokus pada hal-hal penting saja. Jika Anda sudah cukup jelas, berikut ini kami akan jelaskan cara menghitung biaya bangun rumah 2 lantai yang dapat Anda coba.

Menghitung Luas Bangunan yang Ingin Dibangun

Menghitung Luas Bangunan Rumah yang Ingin Dibangun

Agar lebih mudah untuk mencari biaya bangun rumah 2 lantai, disini kita asumsikan apabila rumah yang ingin dibangun mempunyai luas 100 meter persegi. Dengan luasan tersebut, maka untuk cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

  • Luas lantai dasar : 100 meter persegi atau kotor
  • Luas lantai : 100 meter persegi atau kotor
  • Luas pondasi : 50 meter persegi atau 1/2 dari total bangunan
  • Luas atap : 50 meter persegi atau 1/2 dari total bangunan

Untuk luas pondasi dan atap bisa saja tidak sama. Hal ini karena tergantung dari jenis atap dan desain rumah yang akan dibangun. Sementara untuk perhitungan yang kami sampaikan di atas merujuk pada model atap yang pada umumnya digunakan oleh masyarakat.

Mengetahui Biaya Konstruksi Bangunan

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Jika Anda sudah mengetahui luasan bangunan rumah, kini Anda sudah bisa menghitung biaya konstruksi bangunan tersebut. Untuk dapat mengetahui biaya konstruksi rumah, Anda bisa mengetahuinya dengan mudah dari harga satuan konstruksi mentah dan juga harga satuan konstruksi bangunan rumah itu sendiri.

Bagi Anda yang masih belum paham, pengertian konstruksi mentah adalah bentuk konstruksi rangka lengkap serta biaya bahan bangunan yang dimana rumah sudah selesai di tingkat dasar, atau bisa dibilang tidak mempunyai detail dekoratif dan interior.

Mengetahui Biaya Konstruksi Bangunan

Sementara itu, harga satuan konstruksi merupakan hasil perhitungan konstruksi dari kontraktor yang sedang bertugas. Untuk hal ini Anda bisa mendiskusikannya secara langsung kepada kontraktor yang bertugas.

Pasalnya, karena memang harga konstruksi sendiri tergantung dari kebutuhan pemilik bangunan rumah. Apabila ingin dibuat rata-rata, kita bisa mencoba untuk merujuk pada biaya konstruksi rumah di kota Jakarta yang sekitar:

  • Untuk harga satuan konstruksi mentah sekitar Rp 1.700.000 sampai dengan Rp 1.950.000 meter persegi.
  • Untuk total biaya konstruksi adalah Rp 2.600.00 sampai dengan Rp 4.200.00 meter persegi.

Total Perhitungan Luas Bangunan dan Biaya Konstruksi

Total Perhitungan Luas Bangunan dan Biaya Konstruksi

Berdasarkan rumus yang kami sebutkan di atas, bisa diambil contoh jika biaya konstruksi mentah yang akan dikenakan yaitu Rp 1.700.00 sedangkan untuk biaya konstruksi bangunannya bisa mencapai Rp 2.600.000.

Berdasarkan kisaran harga tersebut, maka untuk biaya bangun rumah 2 lantai yang Anda miliki adalah sebagai berikut:

  • Untuk biaya konstruksi mentah adalah (50 + 100 + 100 + 50 meter persegi) x Rp 1.700.000 = Rp 510.000.000
  • Untuk biaya paket konstruksi adalah (50 + 100 + 100 + 50 meter persegi) x Rp 2.600.000 = Rp 780.000.000

Bagaimana? Sampai disini apakah Anda sudah paham berapakah biaya bangun rumah 2 lantai yang harus Anda persiapkan apabila luas bangunan tersebut mencapai sekitar 100 meter persegi?

Jika dilihat dari perhitungan yang sudah dibuat, maka untuk biaya konstruksi mentah rumah tersebut kurang lebih mencapai Rp 510.000.000 dan untuk biaya paket konstruksinya sekitar Rp 780.000.000.

Sebenarnya Anda masih bisa menekan budget pembangunan rumah tersebut dengan berbagai macam cara.  Nah, untuk melengkapi pembahasan ini kami akan menjelaskan bagaimana cara untuk menekan atau mengurangi sedikit biaya konstruksi yang bisa Anda. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Denah Rumah Dengan Tepat

Catatan Untuk Mengurangi Biaya Konstruksi

Catatan untuk Mengurangi Biaya Konstruksi Rumah

  • Penawaran dan Jangka Waktu Konstruksi

Setiap penawar sudah pasti mempunyai tarif konstruksi yang berbeda, Anda diharuskan untuk segera menghubungi serta konsultasi langsung dengan kontraktor untuk dapat mengetahui harga dan kondisi kontrak yang sesuai dengan budget Anda.

Sebelumnya Anda harus paham bahwa penting sekali untuk mempertimbangkan jangka waktu pengerjaan dan kebutuhan para pekerja bangunan. Semakin lama waktu pengerjaan serta pekerja yang diperlukan maka akan semakin besar juga biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut.

Disamping itu, Anda juga harus selalu mengingat jangka waktu konstruksi. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena bahan bangunan bisa saja mengalami peningkatan harga atau bahkan penurunan harga seiring dengan berjalannya waktu.

Terkadang pasar konstruksi juga bisa ramai, inilah yang membuat bahan baku menjadi semakin langka dan mahal. Dapat dikatakan bahwa sebuah langkah yang cerdas jika Anda mencatat detail ini dan lebih memilih waktu yang paling tepat untuk membangun rumah Anda.

  • Memanfaatkan Desain Buatan Tangan atau Handmade dan Bahan Baku

Apabila Anda mempunyai sedikit perasaan estetika arsitektural atau interior maka Anda bisa merancang furnitur sendiri atau bisa juga menghias suatu dinding mentah tanpa finishing dari pihak kontraktor.

Anda bisa merujuk pada beberapa website yang dibuat khusus untuk furnishing dan dekor rumah. Dengan begitu, rumah Anda nantinya tidak akan terasa asing lagi dengan berbagai perabot yang dibuat sendiri oleh tangan Anda, dan yang pasti Anda akan menghemat lebih banyak uang, kan?

Demikian informasi dari blog ini yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghitung biaya bangun rumah dua lantai. Semoga bermanfaat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *